5 Tips Memilih Nama Domain Bagus Untuk Usaha

5 Tips Memilih Nama Domain Bagus Untuk Usaha – Sudah siap untuk memiliki sebuah website? Namun sebelum memulai sebuah website ada baiknya jika Anda mulai mencari nama yang bagus untuk website Anda. Masih bingung buat memilihnya? Anda tidak perlu khawatir, karena punapi.com punya 5 tips memilih nama domain bagus untuk usaha.

Nama domain merupakan salah satu faktor penting dalam pembuatan sebuah website. Dimana domain dapat meningkatkan kualitas dari sebuah SEO dan branding usaha Anda. Carilah nama yang pendek agar mudah di ingat dan di eja oleh customer dan memiliki beberapa sisipan-sisipan kata kunci yang kuat.

Nah berikut merupakan 5 tips memilih nama domain bagus untuk usaha Anda.

5 Tips Memilih Nama Domain Bagus Untuk Usaha

  1. Tentukan extensi domain
  2. Nama yang singkat dan mudah di ingat
  3. Mengandung kata kunci
  4. Gunakan nama brand Anda jika sudah ada
  5. Cek kondisi nama domain

1. Tentukan extensi domain

Extensi ini merupakan akhiran dari setiap nama domain atau website misalnya .com atau .net. Nah jadi untuk menentukan sebuah extensi dalam memilih domain tidak bisa asal-asalan pilih mau .co.id atau info semua ada analisa masing-masing untuk target market Anda.

Beberapa extensi juga tidak dapat dimiliki begitu saja ada yang harus memiliki dokumen-dokumen khusus untuk bisa mendapatkannya dan kebanyakan domain ini dikelola khusus oleh badan negara. Jika di indonesia dikelola oleh Pandi dan biasanya domain yang wajib memiliki dokumen-dokumen khusus tersebut ber-extensi co.id, go.id, or.id dll. Dokumen khusus tersebut seperti KTP, Surat Izin Usaha, Surat Izin Keanggotaan dll. Anda dapat melihatnya di situs khusus Pandi.id.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan extensi domain yang tepat

  • .com (commercial) Digunakan untuk segala jenis website dan merupakan domain paling popular digunakan karena sudah banyak orang yang tau dan lebih mudah pengejaanya.
  • .net (networking) Digunakan untuk segala jenis usaha yang bekaitan dengan sistem jaringan atau teknologi.
  • .org (organization) Digunakan untuk sebuah organisasi ataupun perkumpulan.
  • .co.id (company indonesia) Digunakan oleh perusahaan Indonesia yang sudah terdaftar di pemerintahan sebagai CV ataupun PT dan memiliki dokumen legal.
  • .id Domain yang baru beberapa tahun yang lalu hype karena keunikannya yang hanya 2 huruf dan mudah disebutkan. Namun domain ini hanya dapat dimiliki oleh warga indonesia saja. Karena syarat registrasinya adalah memiliki KTP. Nama domain ini cocok digunakan untuk segala jenis usaha maupun hanya untuk blogging saja. Namun di sarankan untuk target lokal saja karena jika target marketnya luar akan sangat sulit untuk bersaing karena nama domain .id masih sangat asing didengar.

Nah mungkin segiitu dulu pembahasan terkait menentukan extensi domain sebuah website. Jika ada pertanyaan terkait tersebut bisa menghubungi admin punapi.com untuk konsultasi lebih lanjut.

2. Nama yang singkat dan mudah di ingat

Tentukan nama domain yang singkat dan mudah di ingat baik oleh Anda maupun Customer Anda. Jangan gunakan nama yang terlalu panjang karena akan sulit untuk pengejaannya dan kesannya kurang professional. Maksimal yang kami anjurkan adalah 3 kata saja dan akan lebih baik jika kurang dari itu.

Nama domain yang pendek juga akan membuat Anda mudah dalam pembuatan brosur/kartu nama karena tidak akan memakan tempat banyak dan tetap memperhatikan estetika design.

Ada beberapa hal yang perlu di hindari dalam pemilihan domain selain nama yang singkat misalnya :

  • Hindari penggunaan terlalu banyak tanda baca (-) misalnya “liburan-murah-bali.com” selain tanda baca yang sulit. Salah-salah customer Anda malah masuk ke halaman website lain “liburanmurahbali.com” karena tidak tau penambahan (-).
  • Penggunaan angka. Hindari penggunaan angka dalam penamaan nama website karena angka bisa menjurus ke 2 hal seperti “tour9.com” menjadi “toursembilan.com”.

3. Mengandung Kata Kunci

Sisipkan kata kunci dalam membuat nama sebuah domain. Karena ini bisa memicu seach engine seperti google untuk dapat menemukan website Anda. Anda bisa coba menggabungkan nama usaha dan nama daerah atau bahkan nama Anda di domain yang akan Anda pilih.

Misalnya adalah “liburanmurahbali.com” atau “andibalitour.com” nah kedua domain tersebut sudah memiliki kata kunci yang menurut punapi.com sangat baik. Namun apakah dengan begitu website bisa langsung di ranking 1? Tentu saja tidak. Nama domain hanya 1 dari seribu faktor yang dapat menentukan sebuah website layak atau tidak untuk bertengger di ranking 1 google. Faktor utama tetap kelayakan sebuah konten/ isi dari sebuah website.

4. Gunakan nama Brand Anda jika sudah ada

Menggunakan nama brand yang sudah Anda bangun akan sangat efektif untuk menjangkau customer-customer setia Anda. Hal ini juga akan membuat customer makin percaya dengan produk Anda.

Namun membangun sebuah brand butuh perjuangan extra dan tahapan-tahapan yang harus di lalui. Jadi jangan pantang meneyerah untuk dapat membuat brand mu dikenal masyarakat banyak.

5. Cek kondisi nama domain

Kenapa perlu dicek? apakah domain-nya sakit? ya di luar sana banyak ada domain-domain yang tidak layak untuk dibeli atau bisa kita sebut dalam kondisi sakit. Domain yang kami sebut dalam kondisi sakit adalah domain dengan spam score tinggi atau domain yang terindikasi pernah melakukan spam atau tindakan ilegal lainnya dan di blokir oleh mesin pencari atau kominfo.

Kita tau bahwa domain hanya dapat disewa saja dan batas waktu penyewaan biasanya tahunan. Pada masa expired, jika domain tidak diperpanjang maka domain akan expired dan mati atau tidak dapat digunakan lagi. Setelah 3 bulan periode expired domain akan tersedia lagi di berbagai provider domain untuk dapat di beli kembali. Nah disini kita wajib cek domain yang akan kita registrasikan apakah sebelumnya pernah digunakan atau belum.

Untuk mengeceknya Anda bisa akses disini.

Leave a Comment